Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Dan Cara Kerja Rangkaian Sensor Sentuh

Sensor sentuh dirangkai menggunakan beberapa komponen dasar yang transistor, optokopler, resistor, kapasitor, dioda, relai.

Transistor adalah alat semikonduktor pemutus dan penyambung yang dipakai sebagai penguat sebagai sirkuit pemutus (switching) stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya.

Optokopr termasuk termasuk dalam sensor, dimana  dimana terdiri terdiri dari dua bagian yaitu transmitter dan reseiver. Pada transmitter dibangun dari sebuah LED infra merah. Pada bagian reseiver dibangun dengan dasar komponen phototransistor. Phototransistor merupakan suatu transistor yang peka terhadap tenaga cahaya.

Prinsip kerja dari optokopler adalah jika antara phototransistor dan LED terhalang maka phototransistor tersebut akan off sehingga output dari kolektor akan berlogika high. Sebaliknya jika antara phototransistor dan LED tidak terhalang maka phototransistor tersebut akan on sehingga outputnya akan berlogika low.

Resistor adalah komponen elektronik dua saluran yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi penurunan tegangan diantara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirnya.

Struktur sebuah kapasitor terbuat dari 2 buah plat metal yang disiapkan oleh suatu bahan dielektrik. Bahan-bahan dielektrik yang umun dikenal misalnya udara vakum, keramik keramik, gelas dan lain-lain. jika kedua ujung plat metal diberi tegangan listrik, maka muatan-muatan positif akan terkumpul pada salah satu kaki (elektroda) metalnya dan pada saat yang sama muatan-muatan negatif terkumpul pada ujung metal yang satunya lagi. Muatan positif tidak dapat mengalir menuju ujung katup negatif  dan sebaliknya muatan negatif tidak bisa menuju keujung katup positif, karena terpisah oleh bahan elektrik yang non konduktif. Muatan elektrik ini terpisah selama tidak ada konduksi pada ujung-ujung kakinya.

Dioda adalah suatu komponen yang mengandung bahan semikonduktor yang terbuat dari bahan tipe-n yang menyediakan elektron-elektron bebas tipe-n dan bahan tipe-p yang disatukan (P-N junction). Dioda merupakan suatu piranti dua elektroda dengan arah arus tertentu, dapat juga dikatakan dioda bekerja sebagai penghantar bila tegangan listrik diberikan dalam arah tertentu tetapi dioda akan bekerja sebagai isolator bila tegangan yang diberikan dalam arah berlawanan dari pergerakan elektron pembentuknya.

Cara kerja komponen ini dimulai pada saat mengalirnya arus listrik melalui koil,  lalu membuat medan magnet sekitarnya sehingga dapat merubah posisi saklar yang ada di dalam relay tersebut. sehingga menghasilkan arus listrik yang lebih besar. Disinilah keutamaan komponen sederhana ini yaitu dengan bentuknya yang minimal bisa menghasilkan arus yang lebih besar.
sensor sentuh
  • Ketika ada sentuhan tangan manusia yang mengenai box plat besi, maka secara otomatis sensor akan bekerja dan transistor pada rangkaian sensor akan mendapat tegangan yang kemudian dilanjutkan ke relai yang menghubungka ke sirine dan kemudian kemudian alarm akan berbunyi.
  • Dalam hal ini sirine/alarm sebagai keluaran dari system.
  • Sistem akan bekerja pada saat posisi standby (siap).

2 komentar untuk "Contoh Dan Cara Kerja Rangkaian Sensor Sentuh "