Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik dasar cara Kerja Turbin Gas

Pada gambar dibawah adalah salah satu mesin turbin gas pesawat terbang, adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut.
Motor starter dinyalakan, kompresor berputar dan mulai bekerja menghisap udara sekitar, udara kemudian dimampatkan. Udara pada tahap pertama dimampatkan dahulu pada kompresor tekanan rendah, diteruskan kompresor tekanan tinggi. Udara mampat selanjutnya masuk ruang bakar, bercampur dengan bahan bakar yang sudah disemprotkan. Campuran bahan bakar udara mampat kemudian dinyalakan dan terjadi proses pembakaran.

Gas hasil proses pembakaran berekspansi pada turbin, terjadi perubahan dari energi panas menjadi energi putaran poros turbin, sebagian gas pembakaran menjadi gaya dorong. Setelah memberikan sisa gaya dorongnya, gas hasil pembakaran keluar melalui saluran buang. Dari proses kerja turbin gas pesawat terbang tersebut, dihasilkan daya turbin yang digunakan untuk menggerakan kompresor menghasikan daya dorong, dan menggerakan  peralatan bantu lainnya.

Turbin gas yang dipakai industri dapat dilihat pada gambar berikut cara kerjanya sama
dengan turbin gas pesawat terbang.
Turbin gas
Motor starter dinyalakan untuk memutar kompresor udara segar terhisap masuk dan dimampatkan. Kemudian udara dengan temperatur dan tekanan yang cukup tinggi (2000C, 6 bar) mengalir masuk ruang bakar bercampur dengan bahan bakar.

Campuran udara mampat bahan-bakar kemudian dinyalakan dan terjadi proses pembakaran, temperatur gas pembakaran naik drastis. Gas pembakaran dengan temperatur tinggi ( 6 bar, 750 0C ) berekspansi pada turbin, sehingga terjadi perubahan energi, dari energi panas menjadi energi putaran poros turbin. Gas pembakaran setelah berekspansi di turbin, lalu keluar sebagai gas bekas. Selanjutnya turbin gas bekerja dengan putaran poros turbin, yaitu sebagai sumber tenaga penggerak kompresor dan generator listrik.

Posting Komentar untuk "Teknik dasar cara Kerja Turbin Gas"