Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam alat pemotong dan fungsinya

Macam-macam alat alat pemotong dan fungsinya
Pahat
1. Pahat
pahat digunakan untuk keperluan-keperluan seperti memotong , membuat alur, meratakan bidang membentuk sudut dan sebagainya, pahat terdapat beberapa tipe diantaranya yaitu
-Pahat plat, digunakan untuk meratakan bidang dan memotong plat logam.
-pahat alur atau roreh, digunakan untuk membuat alur dan sponeng.
-pahat setengah bulat digunakan untuk membuat alur setengah bulat salutan minyak dalam bantalan.

2.Kikir
Kikir terbuat dari baja karbon tinggi yang ditempa dan disesuaikan dengan ukuran panjang, bentuk, jenis, dan gigi pemotongannya.
kikir dapat diklarifikasikan menurut ukuran panjang, benda, pahatan, dan bentuknya. jenis-jenis kikir antara lain sebagai berikut : kikir plat, kikir setengah bulat, kikir segi empat, kikir bulat, kikir segi tiga, kikir pisau.

Gergaji tangan
3.Gergaji tangan
Gergaji dapat digunakan untuk memotong benda kerja yang selanjutnya untuk dikerjakan kembali.

Mata bor
4. Mata bor
Mata bor aatau bor spiral terdiri dari sudut tatal dan sudut bebas yang bisa terdapat pada alat-alat potong. Badan bor tidak silindris benar, garis tengah luarnya tirus, dari ujung sampai batas tangkai, dengan kenaikan 0,05 mm setiap panjang 100 mm. besar sudut bor dapat digunakan tergantung bahan yang akan dibor seperti :
-Sudut puncak bor 118 drajat digunakan untuk bahan baja lunak.
-Sudut puncak bor 136 drajat digunakan untuk bahan baja keras.
-Sudut puncak bor 105 drajat digunakan untuk bahan yang lunak.

Reamer tangan (Peluas)
5. Reamer tangan (Peluas)
Reamer atau peluas adalah alat potong yang untuk memperhalus permukan lubang dan memperbesar lubang yang telah kita siapkan sebelumnya, pada reamer terdapat dua jenis mata remer yaitu :
-Alur spiral, digunakan untuk meluaskan dan menghaluskan lubng sehingga mencapi ukuran yang diharapkan, Reamer beralur spiral hasil pemotonganya lebih halus dan ringan.
-Alur lurus, reamer beralur lurus sama dengan reamer yang beralur spiral dipergunakan pada setiap pekerjaan memperluas lubang.

6. Pemotongan ulir luar (Sney)
Untuk memotong ulir pada bagian luar atau pada batang baut dengan tangan, dipergunakan sejenis alat yang dinamakan pengulir luar. Alat bantu untuk memutarkan senai adalah rumah senai atau tangkai senai.

7. Tap Tangan
Tab adalah alat untuk membuat ulir dalam dengan tengan, tap tangan terdiri dari 3 buah didalam satu set, ya itu sebagai berikut
-Tap konis, adalah langkah pertama yang penggunaanya dengan bentuk tirus diujungnya untuk mempermudah pemotongan. Bentuk ulir yang dihasilkan dari tab pertama 25% dari bentuk ulir yang sesungguhnya.
-Tap antara, yaitu digunakan setelah tap konis, bentuk tirus pada ujungnya lebih pendek dari pada tab konis.
-Tap rata yaitu tap yang terakir dan yang membentuk profil ulir yang penuh.  Bagian tirus pada ujungnya sangat pendek sehingga dapat mencapai dasar untuk lubang yang tak tembus.

8. Gunting tangan
ada berbagi jenis gunting tangan yang dapat digunakan untuk memotong plat-plat tipis  yaitu :
gunting tangan lurus, gunting tangan kombinasi, gunting paruh burung, gunting tangan dirgantara, gunting tangan buldog, gunting tangan lingkaran, gunting tangan torjan.

3 komentar untuk "Macam-macam alat pemotong dan fungsinya"

  1. tolong penjelasannya disertai sudut kemiringan mata potong nya,Gunting tangan
    ada berbagi jenis gunting tangan yang dapat digunakan untuk memotong plat-plat tipis yaitu :
    gunting tangan lurus, gunting tangan kombinasi, gunting paruh burung, gunting tangan dirgantara, gunting tangan buldog, gunting tangan lingkaran, gunting tangan torjan.

    BalasHapus
  2. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus